CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 05 Agustus 2008

Hidup itu penuh kejutan


Sekarang umur gue 19 tahun. Bentar lagi kepala dua, bukan, bukan maksud gue, gue ada indikasi kembar siam (tapi seandainya gue dulu sempat kembar siam, gue slalu berharap kembaran siam gue adalah Alexandra Gottardo, haha muntah muntah deh situ).

Beberapa hari belakangan ini gue sering merenung, meratapi jalannya hidup gue selama ini (sambil diiringi lagu ’Nyiur Melambai’ biar terkesan sedih gitu). Dengan apa yang gue dapet sekarang ini, sedikit mengutip kata-katanya Forrest Gump ” Life is like a box of chocolate. You’ll never know what you gonna get ”. Saat lo bangun tidur lo gak bakalan tahu apa yang bakal terjadi sehari ini dan pas tiba saat lo mau berangkat tidur lagi. Gue juga gak pernah nyangka di saat umur gue 19 tahun ini, ada Whisnu di hidup gue. Dulu waktu kita-kita sama masih kecil, gue Cuma sekedar menganggap dia keponakan gue yang cueknya ampun-ampunan.

Gue masih inget, waktu kita masih kecil, dia gak pernah mau manggil gue ’Tante’, walaupun sebenarnya gue juga gak mau dipanggil tante, berasa kayak tante-tante girang aja. Tapi siapa yang nyangka kalo sekarang seorang gadis kecil bulukan yang gak pernah mau dia panggil tante itu sekarang jadi bokin dia. Hahahaha. Kadang gue suka cengengesan sendiri kalo inget soal itu. Hidup emang penuh kejutan yah. Apalagi saat gue denger dari keluarga gue kalo dulu waktu muda bokap gue sama Mama Ning (nyokap Whisnu) pernah sempet saling naksir, tapi akhirnya gagal karena gak boleh nikah sama keponakan sendiri. Tapi sekarang, you know what? dunia tahu kalo cerita romantis itu terulang lagi di gue dan Whisnu, anak-anak tercinta mereka. Yah, sekarang gue juga terlibat hubungan spesial dengan cowok yang itungannya masih keponakan gue sendiri, oh, my lovely nephew. Tapi yang agak berbeda dari nasib bokap gue dan gue sendiri adalah hubungan gue sama Whisnu masih punya kans kesempatan berhasil lebih banyak tanpa harus takut ada kendala pertalian darah yang terlalu dekat. Kadang gue mikir, gila juga bokap gue, keponakan sendiri mau diembat? Ternyata dunia emang sudah gila sejak dulu. Gue sempet tanya sama budhe gue, yang juga Eyangnya Whisnu, kalo sebenarnya boleh gak sih gue punya hubungan spesial dengan cucunya? Semula gue sangsi karena hubungan kekerabatan kita terbilang cukup deket. Tapi surprise .... budhe dengan santainya menjawab pertanyaan gue, ternyata gak ada masalah dengan hubungan kita berdua. Kata budhe gue, kita ini udah beda misan istilahnya, udah beda embah, jadi gak ada masalah kalo akhirnya entar hubungan kita berdua berakhir dengan pernikahan, oh so sweet! Bahkan gue sempet denger, ternyata dari pihak keluarga bokap gue dari dulu emang merencanakan ’ kayaknya lucu nih, kalo jodohin Whisnu sama Melisa.’ yang paling gencer ya Pakdhe sama Budhe gue, gue masih inget ekspresi senengnya beliau saat pertama kali denger kita berdua saling suka, mungkin kalo mereka masih muda udah jingkrak-jingkrak gak karuan. Tapi pikiran ngaco gue tiba-tiba menjangkiti, ’bilang aja biar harta warisan gak lari kemana-mana’ mhuahahahaha. Mungkin keluarga besar bokap gue itu berpikir, kalo dulu enyak-babenya gak jadi, kali ini anak-anaknya harus jadi. Sekali lagi gue mesam mesem kayak orang kena ayan setiap mikirin hal itu. Gue juga sempet surprising dan jetlag banget saat gue tahu respons pertama mama papa nya Whisnu. Apalagi mamanya, dia langsung pulang aja gitu ke Jogja habis denger berita kedekatan kita dan tentunya sembari nengok Eyang gue yang lagi sakit.

Gue udah lama banget gak ketemu mamanya Whisnu, seinget gue terakhir pas SD kalo gak salah. Nah, waktu ketemu kemaren ini, begitu ketemu gue dipeluk erat banget, pipi gue dicubitin sambil dicium kiri kanan, berasa gemes dan udah kangen banget gitu. Wah, gue gak pernah ngerasa sedeket itu sama calon mama mertua gue. ” Mulai sekarang Imel manggil mbak, mama aja lho yah?” kata mama Whisnu. Gue surprised banget karena di umur gue yang 19 tahun ini, wanita yang notabene sepupu gue sekarang jadi CALON MAMA MERTUA gue. Astaganagabonarjadidua. Hidup emang bener-bener penuh kejutan. Bahkan beberapa hari yang lalu, gue mendapati satu kenyataan lagi yang bener-bener bikin gue mikir ” mungkin memang ini rencana Tuhan buat gue ”. Pas gue iseng keliling desa tempat Eyang gue, setiap gue ketemu para tetangga mereka pasti tanya ke sepupu gue, siapa gue.

Sepupu : Oh, ini adek mbak (sambil memperkenalkan gue ke seorang wanita separuh baya yang gue sinyalir adalah tetangga Eyang).

Si tetangga : Oh, anaknya Mbak Ning yah?

Hening.

Ngik. Gue dan sepupu gue langsung cekikikan, si mbak ini udah orang ke berapa yah yang ngira gue adalah anaknya Mama Ning. Kata sepupu gue, yang sekaligus adek dari Mama Ning, gue itu seperti duplikat Mama Ning waktu muda, kita berdua emang mirip banget katanya. ” jadi gak heran Bun, kalo banyak orang yang bilang, Bunda lah anaknya Mama Ning, bukan Whisnu”. Padahal kalo orang tahu, Mama Ning gak punya anak cewek sama sekali. Beliau Cuma punya tiga anak, dan mereka cowok semua. Makanya gak heran kalo Mama Ning jadi exciting banget, saat denger anak bungsunya sekarang dah punya pacar setelah 3 tahun ngejomblo ( gue berharap bokin gue bukan seorang homo dan baru aja insyaf, mhuahahaha habisnya lumayan lama juga ngejomblo) apalagi, sekarang bisa dapet cewek yang selama ini Mama Ning pengen jodohin ke Whisnu.

Kalo kata orang, seorang cowok secara gak sadar cari calon istri yang kayak mama mereka, sekarang gue sadar kenapa Whisnu suka sama gue. Mhuahahaha. Malah gue sempet denger percakapan anak dan Ibu yang saling mengasihi itu.

Mama Ning : Nuk, kamu jangan sampe putus lho sama Imel. Mama udah suka banget sama si imut (entah kenapa Mama Ning salalu manggil gue dengan sebutan itu, mungkin di mata Mama Ning gue kayak anak bayi yang kebanyakan nete emaknya, yah imut!).

Dia : (cengengesan) Iya deh Mah.

Sempet nih, waktu gue sama nyokap maen kerumah Whisnu. Kedahsyatan terjadi di sana. Nyokap gue itu kalo sama Mama Ning emang ce-es-an banget dari dulu, bahkan ssebelum gue sama Whisnu lahir, mereka kalo udah ketemu hebohnya ampun-ampunan deh, ngalahin hebohnya gosip vokalis Kangen Band dulunya adalah tukang cendol keliling (itu sih fakta!).

Nyokap : (sambil berkeliling dan liat-liat kolam ikan Whisnu) Wah Nuk, kolam kamu asik banget. Enak nih kalo bawa pacar kamu buat ngobrol berdua disini.

Mama Ning : Lha itu pacarnya dah dibawa Mbak (sambil menunjuk ke arah gue sama Whisnu yang emang lagi duduk berdua di gubuk dekat kolam).

Ngik! Suasana hening seketika. Mampus. Muka gue sama Whisnu langsung merah padam kayak udang rebus (kali ini bukan kepiting rebus, diganti udang aja deh, kita berdua lebih suka udang daripada kepiting, doh apaan sih gak penting tauk!). Kita speechless berdua, gak tahu mesti ngomong apa. Suasana langsung berubah seketika saat orang-orang di sekitar kita, termasuk sepupu gue tiba-tiba ngakak sampe nyeburin diri mereka ke kolam (YA ENGGAK LAH!). dalam hati kita berdua Cuma bisa bilang : kampret.

Dan gue gak ngerti kenapa setelah kejadian itu nyokap gue gak ngeh juga, bahkan sampe detik ini. Mungkin nyokap lebih seneng denger dari gue dan Whisnu langsung.

Papanya Whisnu bahkan lebih heboh. Terlalu banyak ekspresi konyol beliau kalo diceritain disini. Gue Cuma bisa menyimpulkan kalo seandainya bisa ” Udah papa lamarin Imel sekarang buat kamu Nuk ”.

Menghadapi kenyataan indah itu, jelas gue bahagia banget. Gue gak pernah merasa diterima sedeket ini sama calon papa dan mama mertua gue, yang sekaligus keluarga gue sendiri. Dengan apa yang udah gue dapet sekarang ini, gue ngerasa udah gak butuh yang lain lagi. Mungkin terdengar agak frontal sih. Tapi untuk soal cowok, gue udah gak butuh yang lain, keindahan Whisnu gak bakal terganti sama siapapun (cie...) mungkin ini juga terdengar agak gombal atau apalah namanya. Mungkin gue emang udah terlalu sering ngebual kesana-kesini dengan bilang ” bokin gue kali ini yang terbaik dan terakhir buat gue ”. Gue tahu lo semua bosen dengan kata-kata gue itu. Makdait kali ini gue gak akan ngegombal dan ngebual tentang hal yang bahkan pada akhirnya gue ingkarin sendiri. Biar dunia bisa lihat sendiri gimana kesungguhan gue. Gue gak perlu mbuktiin ke siapa pun. Biar mereka tahu dengan sendirinya. Man proposes but God disposes. Gue sama Whisnu Cuma bisa berusaha.

0 komentar: