CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 05 Agustus 2008

Malem Jum’at Kliwon

Ihiiiiiikk...ihiiiikkkk uhukk uhukkk (dengan aksen ketawa kuntilanak yang lagi bengek kena bronkhitis!) serem gak sih denger kata jum’at kliwon? kalo gue sih biasa aja. Gak ada masalah dengan malem jum’at kliwon, menurut gue sama aja kayak malem-malem jum’at lainnya. Tapi beda buat nyokap gue. Cerita berawal disuatu hari kamis gue pamit sama nyokap buat ngelayap, kalo gak salah inget waktu itu gue pamit minjem film atau apalah lupa gue, udah lumayan lama sih. Nah, karena berhubung hari masih siang, gue mengurungkan niat gue untuk langsung pulang kerumah. Yaudah sembari nungguin sore, gue ketempat Eyang. Gue berpikir disana ada sepupu yang bisa gue ajak sharing, apalagi soal Whisnu. Nah, ditengah-tengah gue ngobrol sama dia...

Sepupu : Bun...( kependekan dari Bunda, dia sering manggil gue dengan sebutan Bunda, dan Whisnu : Ayah) ke Srumbung yuk?

Gue : (dengan tingkat kemangapan yang parah) HAH? Apa mas? Kerumah Ayah? Ngapain?

Sepupu : Ya maen aja kan Bunda semenjak ketemu Whisnu belum pernah kerumah Whisnu yang disini.

Gue : (mikir) Gak ah Mas, gengsi gue. Masa cewek ngedatengin cowok? (penyakit muna gue mulai menjangkiti lagi).

Sepupu : Gak papa lah. Lagian Whisnu ini.

Gue : … (pasrah)

Yasudah akhirnya gue sama sepupu berangkat kerumah Whisnu, perjalanan sekitar setengah jam dari rumah Eyang. Tahu-tahu gue udah nyampe aja gitu di halaman rumah Whisnu. Rumah dia itu sekitar 7 kilometer aja di bawah Gunung Merapi, kebayang kan lo gimana dinginnya. Setelah nyampe halaman rumah dia, dalam hati gue bilang

” Oh ternyata bener gue diajak kerumah Whisnu, ini bener mobil yang biasa dia pake, motor yang parkir juga motor dia. Gue kira gue Cuma dikibulin sepupu gue, takutnya gue malah dibawa kerumah bordir buat dijual, secara sepupu gue emang rada sarap. Gyahahaha, kidding brow!

Tapi sumpah, gue sekarang percaya banget kalo orang-orang pada bilang rumah Whisnu yang disini enak banget, udaranya seger banget, cocok lah buat yang punya penyakit bengek akut, banyak bunga dimana-mana, taneman ijo dimana-mana, yang keren lagi dia punya kolam ikan yang super gede dan bawahnya itu kali asli dengan batu-batu kali yang gede banget. Gue mikir ini kalo pas banjir apa si Whisnu gak kelimpungan yah? Anjritt, asik banget! (bentar, apa yang asik dengan kebanjiran Non?)

Yang pertama masuk rumah sepupu gue. Gue menjaga jarak di belakang karena gue masih harus menata hati gue yang berantakan gara-gara deg-degan, gue harus mastiin muka gue gak terlihat bloon di depan Whisnu (walaupun muka gue emang dari sononya udah bloon). Dan ternyata bener dugaan gue, kalo dia shock berat ngeliat gue tiba-tiba nongol di rumah dia. Dan tahu gak lo, waktu gue dateng dia itu baru bangun tidur, jadi mukanya bener-bener polos banget, Cuma pake boxer dan kaos buntung+handuk yang menggantung di pundak dia. Dalam hati, anjrittt bangun tidur aja dia sekeren itu, bener-bener Racun Dunia (dan menggoda iman, yah secara lo tahu kan se-apa adanya cowok kalo Cuma pake boxer n kaos buntung?) kuatkanlah imanmu wahai Lisa!

Dia : Eh, Imel ... ( satu lagi panggilan gue nambah, itu panggilan khusus dia ke gue. Jadi sekarang gue punya 3 nama panggilan : Melissa, Lisa, dan sekarang Imel)

Gue : (mikir dulu mau jawab apa) Eh, iya gue. Ini gue sama dia (nunjuk ke sepupu gue) rencana mau jalan-jalan aja tadi, nyari udara seger, eh gak tahu kenapa kok tahu-tahu nyampe sini. ( geblek, alesan macem apaan tuh, gak masuk akal banget dan sumpah alesan ngapel paling goblok yang pernah gue denger sepanjang idup gue!)

Dia : Gitu Om? (sambil ngeliat ke arah sepupu gue).

Sepupu : Ya gitu deh. (melotot ke arah gue sambil bergumam dalam hati ” Kampret juga nih anak gue pake dibawa-bawa!” )

Dalem hati gue, nih Whisnu geblek juga yah, masa’ hal yang kayak gitu pake ditanyain.

Yap, nih kejadian masih dalam taraf gue baru deket sama Whisnu, jadi masih malu-malu kencing, eh salah malu-malu kucing gitu deh.

Sepupu : Nuk, Imel diajak ke kolam gih. Dia pasti suka ma kolam lo.

Dia : Yuk mel ...

Gue : ... (sekali lagi pasrah).

Anjritt, sekali gue liat kolam dia, gue langsung suka. Asik banget. Disekitar kolam ada banyak taneman yang sengaja di tanem, jadi berasa ijo banget dan gak lupa bunga Chrysant, anjritt gue suka banget sama tuh bunga !!!

Di pinggir kolam ada gubuknya gitu, jadi kita berdua duduk disitu. Sambil ngeliatin ikan warna-warni yang renang kesana-kemari, koprol kesana kemari, walaupun masih agak sore nih, suasana romantisnya itu dapet banget. Disana kita ngobrol banyak hal. Tapi gue baru nyadar, ternyata dia belum ganti baju, ganti baju yang lebih tertutup kek. Dia gak mikir apa gue ini juga manusia yang tentunya imannya juga bisa tergoda. Hha. Di tengah-tengah kita ngobrol, gue ampe lupa, gue belum bilang sama nyokap kalo gue kesini. Akhirnya gue sms nyokap.

Gue : Mah, Mel pulangnya agak telat yah. Ini lagi di Srumbung, rumahnya Whisnu.

Nyokap : Iya. Pulangnya jangan malem-malem yah. Ini malem Jum’at Kliwon.

Jreeeeeettttttt.................Gubrakkk. JUM’AT KLIWON? So whattt???????

Sumpah yah gue gak habis pikir banget ada apa sama nyokap gue. Emang di pikiran nyokap, gue ini anak setan apa yang gak boleh keluyuran kalo malem jum’at kliwon? Sial! Wahai mamaku sayang, anakmu ini kuliah di jurusan Hubungan Internasional, di UGM lagi, tapi kenapa masih di hubung-hubungin sama yang model klenik-klenik begituan? Ampun deh Maa, its globalization era, mom.

Asal lo tahu aja, pikiran aneh bing ngaco nyokap gue ini emang udah ada sejak dulu. Jaman-jaman SMA, waktu gue udah dibolehin bawa kendaraan sendiri. Setiap gue mau pergi malem jum’at kliwon atau kira-kira pulang di malem jum’at kliwon gue bener-bener diwanti-wanti banget gak boleh pergi, atau suruh nginep rumah temen.

Mungkin yang ada di pikiran nyokap adalah gue takut disamber kuntilanak ganjen yang bakal ngangkat gue jadi anak, atau ada genderuwo ganteng+macho yang bakal jadiin gue bininya. Astaga dragon, yang ada genderuwo ganteng yang bakal nyamber gue itu si Whisnu yang emang mau nganterin gue pulang!

Gue kira pikiran ngaco nyokap gue yang udah ada dari dulu itu bakal sirna setelah gue udah kuliah, tetapi ternyata dugaan gue salah besar!

Ternyata bener Whisnu nganterin gue pulang. Dan lo tahu? Dia bener-bener gak jadi mandi hari itu. Astaga dragon! Dia Cuma bermodalkan parfum B*****I andalan dia. Mungkin dia berpikir kalo udah semprotin sana-sini ke badan dia, dia bakalan terlihat sudah mandi.

PS : satu kecocokan lagi gue ama Whisnu. Males mandi! Perfect couple!

Sebelum ngenterin gue pulang, gue mampir dulu ke rumah Eyang. Pamitan, sekalian mbalikin sepupu gue, yang udah setia banget jadi kambing congek disana. Beribu terimakasih ku persembahkan padamu my beloved cousin!

Disana ada budhe dan pakdhe gue yang emang bertugas ngejagain Eyang gue. Kalo sama beliau-beliau ini gue deket banget, dan tambah deket semenjak gue pacaran sama cucu kesayangan mereka. Hehe. Gue kalo ngobrol sama beliau berdua, udah kayak temen, asik banget, gak ada pake boso Jowo kromo alus yang seharusnya kita pake kalo ngomong sama orang tua. Disitu gue cerita tentang ke-absurd-an omongan nyokap soal gue gak boleh pulang malem-malem karena malem itu malem jum’at kliwon. Setelah selesai gue cerita, bener dugaan gue, gue sukses bikin beliau berdua ngakak terboker-boker. Dan gue? Cuma tersenyum simpul di pojokan ruang tamu.

Gue gak nyangka si gorila ganteng yang berencana nganterin gue pulang, nyeletuk :

Dia : Eyang Kung, Nuk bisa nangkep omongan Mbah Susi ( monyet nih anak, nyokap gue dipanggil Mbah, berasa nyokap gue habis kawin sama juru kunci Gunung Merapi, Mbah C’monJan ( pelesetan dari Marijan) walaupun gue tahu emang secara urutan keluarga nyokap gue bisa disebut nenek nya dia ).
Pakdhe : Gimana Nuk?

Dia : Mbah Susi kan tadi sms Imel, suruh jangan pulang malem-malem. Berarti Nuk mulangin Imel pagi-pagi aja kan? (dengan ekspresi muka innocent bin gebleknya).

Pakdhe dan Sepupu gue : (serentak) SEMBARANGAN kamu Nuk!

Gue : Emang dasar KAMPRET nih cowok (dalam hati).

Udah gitu dia pake ngocol lagi. Jalan cerita menurut khayalan otak Whisnu :

Setting : di depan pintu utama rumah gue.

Pukul : kira-kira jam 05.00 SUBUH. (ini abis pulang nge-date apa pulang tadarusan?)

Nyokap : Eh kalian udah pulang? (dengan menyinggungkan senyum dahsyatnya nyokap gue).

Dia : Iya udah nih mbah. Maaf ya mbah, Nuk lama mulangin Mel nya. (HAH? LAMA? Ni orang sinting apa dungu sih?)

Nyokap : Oh gak papa Whisnu. Oia kalo mbah boleh tahu tinggi badan Nuk berapa?

Dia : Oh sekitar 185-an lah mbah, mungkin lebih. Emang kenapa mbah?

Nyokap : Wah kebetulan kolam ikan mbah belakang rumah dalemnya sekitar 3 meter. Sini kamu mbah BELEBEKIN dulu (dengan kesusahan jewer telinga dia, secara dia emang jangkung banget).

Gue, Pakdhe, Budhe, Sepupu : (Serentak ngakak+koprol kesana-kemari!)

Dia : Tapi penderitaan Nuk mungkin bakal bertambah kalo aja Mbah Sukis (bokap gue) belum pulang ke Banjarmasin.

Sepupu : apa lagi Nuk?

Setting : kali ini di ruang tamu.

Pukul : kira-kira jam 08.00 pagi (karena Nuk harus ngeringin badan dulu secara hampir mampus diblebekin sama nyokap gue).

Bokap : Nuk, nih Mbah udah mbeliin Nuk tiket buat ikut mbah ke Banjarmasin.

Dia : Loh buat apa mbah? Kapan-kapan aja Mbah Nuk maen kesana. Gak usah repot-repot lah mbah.

Bokap : Bukan gitu. Soalnya mbah udah nyiapan satu pohon sawit mbah disana buat NGGANTUNG kamu!

Gue : Mhuahahahahahaha. Mampus lo! (sekali lagi dalam hati).

5 komentar:

Unknown mengatakan...

lis, kapan2 komen dong neng blogku.

Jogjadawg mengatakan...

satu kata buat posting inih : ironis

*sambil termehek-mehek ngeliat nasib diri sendiri*




heheh..
komen balik yup..

vellowsha mengatakan...

IYE...

vellowsha mengatakan...

nasib sapa bo?

vellowsha mengatakan...

emang ironis.mengenaskan nian hidupku.